PENATAAN PERPUSTAKAN MI CIJEUGJING
A. Latar Belakang
Salah satu pilar utama ilmu adalah kegiatan membaca. Untuk itu setiap orang termasuk pelajar harus rajin membaca. Perpustakaan sekolah merupakan sarana penunjang dalam peningkatan motivasi membaca. Namun keberadaan perpustakaan itu belum sepenuhnya dapat dimanfaatkan oleh siswa. Upaya menumbuhkan minat baca anak masih terhambat dengan minimnya jumlah buku bacaan, penataan ruang dan kebersihan perpustakaannya. Pengadministrasian buku perpustakaan pun menjadi hal penting dalam perpustakaan.
B. Tujuan dan manfaat
o Tujuan
· Menertibkan administrasi buku perpustakaan
· Menata dan menertibkan ruang perpustakaan
o Manfaat
· Memudahkan guru / pengurus perpustakaan dalam menertibkan administrasi buku perpustakaan
· Ruang perpustakaan yang rapi dapat memotivasi siswa untuk membaca.
C. Metode Pelaksanaan
Pembenahan perpustakaan dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 16 – 18 Februari 2010. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu melengkapi administrasi buku – buku perpustakaan seperti pemberian label buku berdasarkan kategori, penyampulan dan pemberian kartu peminjaman buku. Kegiatan yang lain yaitu penataan dan pembersihan ruang perpustakaan.
D. Hasil Kegiatan
o Pengelompokkan buku berdasarkan kategori
o Penataan dan pembersihan ruang perpustakaan
o Pengadministrasian buku
E. Faktor pendorong dan penghambat
o Faktor pendorong
· Penertiban administrasi buku
· Penataan dan pembersihan ruang perpustakaan
o Faktor penghambat
· Ruang perpustakaan kurang luas
F. Kesimpulan dan saran
Kegiatan pembenahan perpustakaan ternyata disambut baik oleh guru MI Cijeungjing. Dengan kata lain kegiatan yang kami lakukan membantu mereka dalam mengelola perpustakaan.
Alangkah baiknya apabila lembaga yang bersangkutan memperluas ruang perpustakaan agar siswa lebih nyaman ketika membaca.